31 Maret 2020
Home Pendidikan Berita
Metro

Siswa Inklusif SMPN 5 Kota Metro Kembangkan Penghijauan

Foto: suarapedia/zainal arifin

METRO (suarapedia)-Para siswa Inklusif (siswa berkebutuhan khusus) SMPN 5 Kota Metro didampingi kepala sekolah,  kembangkan penghijauan dilingkungan sekolah dengan menanam berbagai pepohonan, dan jenis pohon buah berupa Alpukat, hal itu dilakukan mengingat sekolah tersebut merupakan sekolah adiwiyata nasional.

"Kita ada 20 siswa yang memiliki kebutuhan khusus, jadi ini salah satu langkah dalam mendidik mereka diluar pendidikan yang umum, karena anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus, cara belajar mereka juga beda," terang Suyono disela kegiatan bersama para siswa inklusif, Jumat (17/1/2020).

Dikatakannya, selain pembelajaran dengan menggunakan LAB yang ada hal ini juga merupakan salah satu metode belajar bagi siswa inklusif, "Karena sumber belajar anak inklusif bukan hanya dikekalas, karena kalau mereka kita kerasin justru mereka enggan untuk belajar, jadi kita harus lembut dengan mereka, mereka juga beda dengan anak SLB," kata Suyono.

Selain itu, sebagai sekolah Adiwiyata tentunya harus memiliki lingkungan sekolah yang sehat, dan lengkap dengan penghijawan, untuk itu katanya, dengan penghijawan yang sudah ada, selain membutuhkan perawatan juga diperlukan adanya penambahan, "Sekolah kami juga merupakan salah satu sekolah inklusif di Kota Metro, sampai dengan tahun ajaran 2019/2020, khusus untuk siswa inklusif ada sekitar duapuluh siswa. Untuk penghijawan yang ada saat ini, kita kolaborasikan lagi dengan menanam beberapa jenis pohon buah, salah satunya Alfukat," jelasnya.

Menurutnya untuk jenis pohon buah, selain menambah hijaunya lingkungan sekolah, juga akan memberikan manfaat bagi sekolah, "Untuk jenis pohon buah yang sudah ada, belimbing, mangga, dan ini yang kita tanam saat ini jenis alfukat, karena dua atau giga tahun kedepan akan ada manfaatnya untuk sekolah, paling tidak hasilnya sudah bisa kita nikmati," tegasnya.

Disamping itu, sebagai sekola Adiwiyata juga nemiliki berbagai perestasi dibidang ekskul (ekstra kulikuler) hingga tingkat nasional, baik Seni Tari dan musik, maupun bidan olahraga yang diraih oleh beberapa siswa inklusif, "Yang memiliki bakat dibidang seni kita kembngkan lewat seni, begitu juga dengan olahraga," pungkasnya. (ZAINAL ARIFIN)


Tag : Siswa Inklusif SMPN 5 Kota Metro Penghijauan

Berita Lainnya

©copyright 2018, All right reserved ®www.suarapedia.com