Senin, 22 Oktober 2018
Mode Baca

Home/ Politik / Berita

Jumat, 12 Oktober 2018 01:32 WIB

Basur: Wujudkan Toleransi Dengan Budaya

Foto : istimewa

BANDARLAMPUNG (suarapedia) - Calon anggota DPR RI, Bambang Suryadi (Basur), mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga nilai-nilai budaya untuk mewujudkan toleransi antar sesama. Hal ini penting karena akhir-akhir ini masih maraknya terjadi intoleransi di negeri ini.

Dengan berbagai macam ragam budaya yang ada di Indonesia, hal tersebut merupakan sesuatu kekayaan tersendiri dari sudut pandang, pola berfikir yang berbeda-beda. Walaupun daerah Indonesia yang majemuk terdiri dari berbagai macam latar belakang maka perlu diingat kembali bahwa Indonesia itu satu.

"Dengan berbagai macam budaya itu kita akan mempunyai cara pandang, alur pikir dan pola pikir sehingga walaupun kita berbeda-beda tetap satu. Bhineka Tunggal Ika," kata Bambang Suryadi dalam acara Pentas Seni Budaya Tari di Gaya Baru 8, Kecamatan Bandar Surabaya, Lampung Tengah, Kamis (11/10/2018).

Sudah 73 tahun Indonesia merdeka, namun akhir-akhir ini masih terjadi intoleransi karena kepentingan politik segelintir golong, kemudian merusak nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika. Maka sangat perlu rasanya untuk menjaga budaya kita.

Bambang Suryadi yang juga penasehat persatuan dalang Indonesia (Pepadi) Lampung Tengah berpendapat, ketika budaya mewujud dalam Bhineka Tunggal Ika dilandasi UUD 1945. Tentu kebhinekaan di Indonesia sangat kompleks.

"Budaya Melayu diujung barat hingga budaya tinggi dipuncak Jayawijaya. Menghayati untuk mewujud dalam bhineka, budaya mempunyai sejuta makna disetiap bumi Nusantara. Tak mungkin disamakan, tak perlu diruncingkan, karena itu jadi kekayaan tak terbeli di bumi Pertiwi," kata dia.

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)  terbentuk dengan berbagai macam perbedaan. Hal ini tentu perlu adanya persatuan dan kesatuan. Toleransi sendiri perlu dipupuk setiap hari dengan kegiatan positif dan saling menghargai pendapat orang lain.

"Jadi kalau budaya ini terus dijaga maka kebiasaan hidup juga akan terjaga. Sehingga toleransi itu lebih mudah terjalin melalui kebiasaan yang positif," tegas dia.(BOWO)



Tanggamus
Minggu, 21 Oktober 2018 19:27 WIB
Hukum

Dianggap Meresahkan, Polisi Razia Komunitas Motor di Tanggamus

TANGGAMUS (suarapedia) - Polres Tanggamus, Lampung, melalui Polsek Talangpadang lakukan razia dan pemeriksaan terhadap komunitas

 

Tanggamus
Minggu, 21 Oktober 2018 19:20 WIB
Politik

Gunadi Yakin Prabowo-Sandi Menang di Lampung

TANGGAMUS (suarapedia) - Dalam rangka pemantapan Pemilihan Presiden periode 2019-2024, Partai Gerindra melaksanakan Rapat Koordinasi

 

Bandar Lampung
Minggu, 21 Oktober 2018 19:02 WIB
Ekonomi

Ike Edwin dan Nurul Ikhwan Sepakat Lampung Fair Utamakan Produk Lokal

BANDARLAMPUNG (suarapedia) - Perhelatan Lampung Fair 2018 tidak luput dari perhatian Irjen Pol Ike Edwin. Dalam kunjungannya,

 

Laliga
Minggu, 21 Oktober 2018 03:45 WIB
Olahraga

Messi Jadi Korban Kemenangan Barcelona Atas Sevilla

BANDARLAMPUNG (suarapedia) - Lionel Messi menjadi korban kemenangan Barcelona atas Sevilla. Sang Kapten harus menyudahi pertandingan

 

Liga Inggris
Minggu, 21 Oktober 2018 01:46 WIB
Olahraga

Liverpool Menang, Berikut Klasemen Liga Inggris Pekan ke-9

BANDARLAMPUNG (suarapedia) – Liverpool berhasil meraih tiga angka saat bertandang ke John Smith's Stadium markas Huddersfield