Senin, 22 Oktober 2018
Mode Baca

Home/ Nasional / Berita

Kamis, 11 Oktober 2018 13:45 WIB

Tiga Orang Meninggal Akibat Gempa Situbondo

Foto : istimewa

JAKARTA (suarapedia) - Tiga orang meninggal dunia dan beberapa rumah mengalami kerusakan terkan dapak gempa bumi dengan kekuatan magnitudo M6,4 yang mengguncang wilayah Jawa Timur dan Bali pada Kamis (11/10) pukul 01.57 WIB.

Menurut Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut Kota Situbondo,  Jawa Timur pada kedalaman 12 km. Gempa tidak berpotensi tsunami.

“Daerah yang terparah adalah di Kecamatan Gayam, Kabupaten Semenep, Jawa Timur,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran persnya.

Ketiga orang yang meninggal dunia adalah Nuril Kamiliya (7) warga Desa Prambanan, Kecamatan Gayam,  Sumenep.  Nadhar (55) warga Dusun Jambusok, Desa Prambanan, Kecamatan Gayam, Sumenep dan seorang laki-laki Dewasa (masih identifikasi) warga Desa Prambanan, Kecamatan Gayam,  Sumenep.

“Korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh. Kejadian gempa Kamis dini hari saat korban sedang tidur tiba-tiba gempa mengguncang dan rumah roboh sehingga korban tidak bisa menyelamatkan diri,” jelas Sutopo.

Selain itu beberapa rumah mengalami kerusakan. BPBD Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Sumenep masih melakukan pendataan.

Kerusakan rumah terdapat di Desa Jambuir, Kecamatan Gayam, Kepulauan Sapudi, Sumenep; Kopedi Kecamatan Bluto, Sumenep; Kertasada Kecamatan Kalianget, Sumenep; Masjid Desa Gendang Timur Kecamatan Sepudi , Sumenep, dan di Nyabakan timur Kecamatan Batang-Batang, Sumenep.

Adapun getaran gempa, menurut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB itu, dirasakan di seluruh wilayah Jawa Timur meliputi Kabupaten/Kota Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Kabupaten Pasuruan  Kota Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang,  Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Mojokerto.

“Guncangan gempa dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di Sumenep dan Situbondo selama 2-5 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Sedang di daerah lain gempa dirasakan sedang selama 2-5 detik,”jelas Sutopo.

Berdasarkan analisis peta gempa dirasakan, intensitas gempa dirasakan III-IV MMI di Denpasar, III MMI di Karangkates, III MMI di Gianyar, III MMI di Lombok Barat, III MMI di Mataram, III MMI di Pandaan. “Artinya gempa dirasakan ringan hingga sedang. Secara umum tidak banyak dampak kerusakan akibat gempa,” terang Sutopo. (*)



Tanggamus
Minggu, 21 Oktober 2018 19:27 WIB
Hukum

Dianggap Meresahkan, Polisi Razia Komunitas Motor di Tanggamus

TANGGAMUS (suarapedia) - Polres Tanggamus, Lampung, melalui Polsek Talangpadang lakukan razia dan pemeriksaan terhadap komunitas

 

Tanggamus
Minggu, 21 Oktober 2018 19:20 WIB
Politik

Gunadi Yakin Prabowo-Sandi Menang di Lampung

TANGGAMUS (suarapedia) - Dalam rangka pemantapan Pemilihan Presiden periode 2019-2024, Partai Gerindra melaksanakan Rapat Koordinasi

 

Bandar Lampung
Minggu, 21 Oktober 2018 19:02 WIB
Ekonomi

Ike Edwin dan Nurul Ikhwan Sepakat Lampung Fair Utamakan Produk Lokal

BANDARLAMPUNG (suarapedia) - Perhelatan Lampung Fair 2018 tidak luput dari perhatian Irjen Pol Ike Edwin. Dalam kunjungannya,

 

Laliga
Minggu, 21 Oktober 2018 03:45 WIB
Olahraga

Messi Jadi Korban Kemenangan Barcelona Atas Sevilla

BANDARLAMPUNG (suarapedia) - Lionel Messi menjadi korban kemenangan Barcelona atas Sevilla. Sang Kapten harus menyudahi pertandingan

 

Liga Inggris
Minggu, 21 Oktober 2018 01:46 WIB
Olahraga

Liverpool Menang, Berikut Klasemen Liga Inggris Pekan ke-9

BANDARLAMPUNG (suarapedia) – Liverpool berhasil meraih tiga angka saat bertandang ke John Smith's Stadium markas Huddersfield