Senin, 22 Oktober 2018
Mode Baca

Home/ Pendidikan / Sekolah / Berita

Selasa, 09 Oktober 2018 15:18 WIB

Sekda Waykanan Sambut Tim Penilai LKS-UKS

Foto : istimewa/kominfo waykanan

WAYKANAN (suarapedia) -  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten, Saipul, menyambut kedatangan Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah (LKS-UKS) Madrasyah, TK/SD/SMP Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018 di SMP Negeri 01 Kecamatan Kasui, Senin (8/10/2018).

Menurut Saipul, pada era globalisasi ini terdapat banyak tantangan bagi peserta didik yang dapat mengancam kesehatan fisik dan jiwanya. Tidak sedikit anak yang menunjukkan perilaku tidak sehat, seperti  mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak, gula, garam, rendah serat yang dapat meningkatkan risiko hipertensi, diabetes melitus dan obesitas, dan sebagainya. Ditambah juga prilaku sebelum makan tidak mencuci tangan, sehingga memungkinkan masuknya bibit penyakit ke dalam tubuh.

 “Perilaku tidak sehat ini disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat, seperti kurang bersihnya rumah, sekolah, atau lingkungan. Tantangan lain tentang perilaku tidak sehat muncul dari diri peserta didik sendiri, aktifitas fisik mereka kurang bergerak, olahraga pun malas sehingga tidak bergairah baik di rumah maupun atau di sekolah. Peserta didik pun cenderung lebih menyukai dan banyak menonton televisi, bermain videogames, dan play station, sehingga mengakibatkan fisiknya kurang bugar,” ujar Saipul.

Selain itu, lanjut Saipul, meningkatnya perokok pemula, usia muda, atau usia peserta didik sekolah sehingga risikonya akan mengakibatkan penyakit degeneratif. Perilaku tidak sehat lainnya yang mengkhawatirkan adalah melakukan pergaulan bebas, sehingga terjerumus ke dalam penyakit masyarakat seperti penggunaan narkoba atau tindakan kriminal.

Untuk itu, masih lanjut Sekda, diperlukan fasilitas dan program pendidikan jasmani atau olahraga memadai dan terprogram dengan baik, di sekolah dan di lingkungan masyarakat sekitar. Hal ini sangat mendukung dan memungkinkan peserta didik untuk bergerak, berkreasi dan berolahraga dengan bebas, menyenangkan dan bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran fisiknya.

“Kesehatan fisik peserta didik berkorelasi positif terhadap kematangan emosi sosialnya, guru, orang tua atau petugas berwenang perlu memberikan bekal yang penting bagi peserta didik yaitu menciptakan kematangan emosi-emosinya agar dapat berhasil dalam menghadapi segala macam tantangan, termasuk tantangan untuk berhasil secara akademik,” kata Saipul.

Dia menturkan, peserta didik pun akan mampu mengendalikan stress yang dialaminya, karena jika stress tidak dikendalikan akan menyebabkan timbulnya berbagai penyakit dan akan menjadi kendala untuk keberhasilan belajarnya.

Saipul juga berharap dengan adanya Lomba Kesehatan Sekolah ini dapat menjadi cambuk bagi pihak sekolah memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk perilaku hidup sehat serta mampu berpartisipasi aktif didalam usaha peningkatan kesehatan dan memiliki daya tangkal terhadap pengaruh buruk penyalahgunaan narkoba dan sejenisnya.

“Saya berharap apa-apa yang akan menjadi penilaian semoga menjadi masukan dan pembelajaran bagi kegiatan UKS di Kabupaten Way Kanan untuk menjadi lebih baik lagi. Harapan kami juga tentunya ingin menjadi juara, dan apabila Tim Penilai memberikan penilaian terbaik maka kami akan berusaha melakukan pembinaan untuk mempersiapkan Lomba UKS selanjutnya,” tutur Saipul.

Diketahui, Usaha Kesehatan Sekolah bertujuan sangat mulia yaitu meningkatkan derajat kesehatan dan membentuk pola hidup sehat dikalangan peserta didik maupun para guru. Usaha Kesehatan Sekolah adalah instrument yang penting dalam menunjang proses belajar dan pembelajaran dalam lingkungan sekolah, karena tujuan dibentuknya kegiatan ini adalah melahirkan generasi muda yang sehat dan berkualitas.

Serta berdasarkan Keputusan Bupati Way Kanan Nomor: B.315/1.02/WK/HK/2017 tentang penetapan Pemenang Lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan/Madrasyah Tingkat Kabupaten Way Kanan tahun 2018, yaitu TK Pembina Bandar Dalam Kecamatan Negeri Agung, SD Negeri Bandar Sari Kecamatan Way Tuba, dan SMPN 1 Kasui Kecamatan Kasui. Pada tahun 2018 ini diikut sertakan dalam Lomba  Sekolah Sehat Usaha Kesehatan/Madrasyah Tingkat Provinsi Lampung Mewakili Kabupaten Way Kanan. (MS/CHAIKAL)



Tanggamus
Minggu, 21 Oktober 2018 19:27 WIB
Hukum

Dianggap Meresahkan, Polisi Razia Komunitas Motor di Tanggamus

TANGGAMUS (suarapedia) - Polres Tanggamus, Lampung, melalui Polsek Talangpadang lakukan razia dan pemeriksaan terhadap komunitas

 

Tanggamus
Minggu, 21 Oktober 2018 19:20 WIB
Politik

Gunadi Yakin Prabowo-Sandi Menang di Lampung

TANGGAMUS (suarapedia) - Dalam rangka pemantapan Pemilihan Presiden periode 2019-2024, Partai Gerindra melaksanakan Rapat Koordinasi

 

Bandar Lampung
Minggu, 21 Oktober 2018 19:02 WIB
Ekonomi

Ike Edwin dan Nurul Ikhwan Sepakat Lampung Fair Utamakan Produk Lokal

BANDARLAMPUNG (suarapedia) - Perhelatan Lampung Fair 2018 tidak luput dari perhatian Irjen Pol Ike Edwin. Dalam kunjungannya,

 

Laliga
Minggu, 21 Oktober 2018 03:45 WIB
Olahraga

Messi Jadi Korban Kemenangan Barcelona Atas Sevilla

BANDARLAMPUNG (suarapedia) - Lionel Messi menjadi korban kemenangan Barcelona atas Sevilla. Sang Kapten harus menyudahi pertandingan

 

Liga Inggris
Minggu, 21 Oktober 2018 01:46 WIB
Olahraga

Liverpool Menang, Berikut Klasemen Liga Inggris Pekan ke-9

BANDARLAMPUNG (suarapedia) – Liverpool berhasil meraih tiga angka saat bertandang ke John Smith's Stadium markas Huddersfield