Senin, 22 Oktober 2018
Mode Baca

Home/ Politik / Berita

Selasa, 02 Oktober 2018 15:56 WIB

Caleg PKB Ini Angkat Bicara Soal Aksi Ribuan Mahasiswa Unila

Mahendra Utama | Foto : istimewa

BANDARLAMPUNG (suarapedia) - Mahendra Utama, Calon Anggota DPR RI angkat bicara soal ribuan mahasiswa Universitas Lampung (Unila) yang melakukan aksi pendudukan Gedung rektorat Kampus Hijau ini, Selasa (2/10/2018).

Calon legislatif (caleg) PKB dari dapil Lampung I ini mengatakan bahwa ketika ketidakhadiran kelompok mahasiswa yang berperan dan menjadikan “New Wave” sebagai Gerakan Mahasiswa Unila di era 2018, maka penguasa kampus bisa membuat aturan apa saja atas nama pendidikan.

Oleh karena itu, bila tidak ingin dikekang dan ingin meraih kemerdekaan berserikat berkumpul serta merdeka dalam berekspresi, maka perjuangan mahasiswa Unila adalah sebuah keharusan.

“Anda jangan hanya menikmati kemegahan bagai takdir menjadi keharusan kampus yang demokratis dan merakyat saja, ini tahun ke-20 reformasi Bung dan Nona,” katanya, Selasa (2/10/2018).

“Demokratis dan merakyatnya kampus bukan dihasilkan dari statemen dan aktifitas organisasi bentukan rezim serta organisasi kolaborator penguasa kampus, tetapi harus dipelopori kelompok kecil mahasiswa kritis yang lahir dari kelompok diskusi mahasiswa,” tegasnya.

Oleh karena itu, bila kemerdekaan berekspresi tersebut telah tergadai, maka menjadi sebuah keharusan untuk melawan.

“Sikap diam adalah sebuah bentuk pengkhiatan bagi jiwa sejati mahasiswa sebagai pembawa perubahan zaman,” ucapnya.

ribuan mahasiswa Universitas Lampung (Unila) menduduki gedung rektorat kampusnya. Mereka menuntut agar wakil rektor III Bidang kemahasiswaan dan alumni dicopot dari jabatannya.

Aksi yang dilakukan oleh mahasiswa ini merupakan buntut dari kebijakan rektorat, tidak memihak kepada mahasiswa. Terutama dalam peraturan rektor nomor 3 tahun 2017 tentang tata cara pemberian penghargaan dan sanksi kepada mahasiswa.

"Kita akan jadikan gedung rektorat ini sebagai rumah mahasiswa selama beberapa hari kedepan. Sampai tuntutan kami dikabulkan oleh pihak rektorat," kata presiden Badan Eksekutif Mahaiswa (BEM) Unila Berdaulat, Muhammad Fauzul Adzim.(BOWO)



Tanggamus
Minggu, 21 Oktober 2018 19:27 WIB
Hukum

Dianggap Meresahkan, Polisi Razia Komunitas Motor di Tanggamus

TANGGAMUS (suarapedia) - Polres Tanggamus, Lampung, melalui Polsek Talangpadang lakukan razia dan pemeriksaan terhadap komunitas

 

Tanggamus
Minggu, 21 Oktober 2018 19:20 WIB
Politik

Gunadi Yakin Prabowo-Sandi Menang di Lampung

TANGGAMUS (suarapedia) - Dalam rangka pemantapan Pemilihan Presiden periode 2019-2024, Partai Gerindra melaksanakan Rapat Koordinasi

 

Bandar Lampung
Minggu, 21 Oktober 2018 19:02 WIB
Ekonomi

Ike Edwin dan Nurul Ikhwan Sepakat Lampung Fair Utamakan Produk Lokal

BANDARLAMPUNG (suarapedia) - Perhelatan Lampung Fair 2018 tidak luput dari perhatian Irjen Pol Ike Edwin. Dalam kunjungannya,

 

Laliga
Minggu, 21 Oktober 2018 03:45 WIB
Olahraga

Messi Jadi Korban Kemenangan Barcelona Atas Sevilla

BANDARLAMPUNG (suarapedia) - Lionel Messi menjadi korban kemenangan Barcelona atas Sevilla. Sang Kapten harus menyudahi pertandingan

 

Liga Inggris
Minggu, 21 Oktober 2018 01:46 WIB
Olahraga

Liverpool Menang, Berikut Klasemen Liga Inggris Pekan ke-9

BANDARLAMPUNG (suarapedia) – Liverpool berhasil meraih tiga angka saat bertandang ke John Smith's Stadium markas Huddersfield