Senin, 22 Oktober 2018
Mode Baca

Home/ Politik / Berita

Selasa, 02 Oktober 2018 01:15 WIB

Iklan Kampanye di Media Dibatasi 21 Hari

BANDARLAMPUNG (suarapedia)- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung seolah mengkebiri media dengan membatasi pendapatannya saat pemilu 2019. Karena parpol baru bisa memasang iklan kampanye di media selama 21 hari.

Hal ini berdasarkan PKPU Nomor 28 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum.

Komisioner Bawaslu Lampung divisi pengawasan Bawaslu Lampung Iscardo P Panggar menyampaikan bahwa media memiliki waktu 21 hari untuk memasang iklan kampanye ke peserta pemilu.

"Kalau iklan ini ya harus secara komulatif, ada foto peserta partai dan nomor urutnya,"kata Iscardo, Senin (1/10/2018).

Meski adanya perbedaan pendapat terkait pemasangan iklan antara KPU dan Bawaslu, ia menyampaikan bahwa tidak akan berdampak ke media.

"Kalau larangan kita juga ada domain untuk mengatur secara teknis. Karena kalau melihat citra diri dalam PKPU itu tidak secara teknis diatur apakah komulatif atau alternatif. Makanya bawaslu menterjemahkan menjadi komulatif,"ucapnya.

Namun, untuk pemberitaannya, media tidak boleh secara komulatif dalam memberitakan dan menampilkan gambar caleg maupun capres nantinya.

Sementara hal tersebut berlaku juga saat menampilkan foto dan memberitakan calon DPD RI, apakah melalui gambar atau nomor urut saja.

"Kalau memberitakan atau memasang foto itu boleh, asalkan tidak secara komulatif seperti hanya menampilkan logo partai atau nomor urutnya saja,"ujarnya.

Untuk caleg petahana, ia meminta agar tidak memanfaatkan reses sebagai ajang kampanye dengan menampilkan atribut pencalonannya seperti logo parpol dan mengajak masyarakat untuk memilihnya.

"Kalau reses tidak ada konten itu ya tidak ada persoalan. Karena setiap ada keramaian pasti ada pengawas kita. Kemarin saja ada pengajian, disana ada pengawas kita disana, siapa tahu ada unsur kampanye. Karena yang mengadakan salah satu caleg,"ucapnya.(BOWO)



Tanggamus
Minggu, 21 Oktober 2018 19:27 WIB
Hukum

Dianggap Meresahkan, Polisi Razia Komunitas Motor di Tanggamus

TANGGAMUS (suarapedia) - Polres Tanggamus, Lampung, melalui Polsek Talangpadang lakukan razia dan pemeriksaan terhadap komunitas

 

Tanggamus
Minggu, 21 Oktober 2018 19:20 WIB
Politik

Gunadi Yakin Prabowo-Sandi Menang di Lampung

TANGGAMUS (suarapedia) - Dalam rangka pemantapan Pemilihan Presiden periode 2019-2024, Partai Gerindra melaksanakan Rapat Koordinasi

 

Bandar Lampung
Minggu, 21 Oktober 2018 19:02 WIB
Ekonomi

Ike Edwin dan Nurul Ikhwan Sepakat Lampung Fair Utamakan Produk Lokal

BANDARLAMPUNG (suarapedia) - Perhelatan Lampung Fair 2018 tidak luput dari perhatian Irjen Pol Ike Edwin. Dalam kunjungannya,

 

Laliga
Minggu, 21 Oktober 2018 03:45 WIB
Olahraga

Messi Jadi Korban Kemenangan Barcelona Atas Sevilla

BANDARLAMPUNG (suarapedia) - Lionel Messi menjadi korban kemenangan Barcelona atas Sevilla. Sang Kapten harus menyudahi pertandingan

 

Liga Inggris
Minggu, 21 Oktober 2018 01:46 WIB
Olahraga

Liverpool Menang, Berikut Klasemen Liga Inggris Pekan ke-9

BANDARLAMPUNG (suarapedia) – Liverpool berhasil meraih tiga angka saat bertandang ke John Smith's Stadium markas Huddersfield