Rabu, 26 September 2018
Mode Baca

Home/ Ekonomi / Berita

Senin, 03 September 2018 20:17 WIB

Elpiji Langka, Komisi B DPRD Lampung Selatan Panggil Disperindag

Foto: suarapedia /sustari

LAMPUNG SELATAN (suarapedia) - Komisi B DPRD Lampung Selatan (Lamsel) menggelar hearing dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lamsel terkait kelangkaan tabung gas elpiji 3 kg dan melambungnya harga jual di pasaran di beberapa kecamatan di Lampung Selatan.

Dalam Heiring tersebut Ketua Komisi B, Sutan Agus T beserta anggota meminta penjelasan kepada Disperindag tentang bagaimana pendistribusian tabung gas elpiji 3 kg tersebut sehingga terjadi kelangkaan dan kenaikan harga yang di keluhkan masyarakat.

Kepala Disperindag Lampung Selatan Qorinilwan bersama dua stafnya menjelaskan bahwa, secara umum tabung gas elpiji 3kg di Lampung pada 2018 mendapatkan kenaikan sebesar 2 persen.

"Lamsel merupakan penerima alokasi terbesar kedua setelah Kota Bandarlampung. Pada 2017 Lamsel menerima sebanyak 21336 tabung dan di tahun 2018 dengan penambahan 2 persen menjadi 21.810,"jelasnya, Senin (3/9/2018)

Terkait kelangkaan ini juga salah satu adanya Fungsi Substitusi (alih fungsi) ke sektor pertanian yang di gunakan untuk alkon penyedotan air pada saat musim kemarau panjang.

"Pemerintahan daerah sendiri melalui Disperindag sudah melakukan langkah langkah terkait masalah tersebut, dengan melakukan operasi pasar di kecamatan kecamatan yang terjadi kelangkaan tabung gas,"ucapnya.

Disperindag mengakui mengalami kesulitan untuk melakukan pengawasan penjualan di pasaran, apalagi penjualan dari pangkalan ke pengecer transaksinya tidak memakai materai.

"Namun hal tersebut kedepannya akan kita siasati agar bisa terpantau pendistribusian tersebut sehingga tidak terjadi lagi kelangkaan," pungkasnya.

Hamdari anggota komisi B meminta agar Dinas untuk menggandeng aparat keamanan dalam melakukan pantauan atau sidak dan kalau ada agen atau pangkalan yang nakal diberi efek jera berupa sanksi yang tegas.

Senada disampaikan M.Syahroni yang juga anggota komisi B DPRD, bahwa kelangkaan ini sudah berlangsung hampir dua bulan ini jadi pihak dinas supaya bergerak cepat mencarikan solusi agar tidak berlarut larut. (SUSTARI)

 

 



Bandar Lampung
Selasa, 25 September 2018 21:03 WIB
Politik

Daerah ini Masuk Indeks Kerawanan Pemilu 2019

BANDARLAMPUNG(suarapedia) - Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI) telah merilis Indeks Kerawanan Pemilihan

 

Bandar Lampung
Selasa, 25 September 2018 20:54 WIB
Daerah

Pembahasan APBDP, Pendapatan Lampung Diproyeksikan Naik Rp356 Miliar

BANDARLAMPUNG (suarapedia) - Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Lampung diproyeksikan meningkat Rp356 miliar. Sementara, komponen

 

Bandar Lampung
Selasa, 25 September 2018 20:50 WIB
Politik

Tim Transisi Arinal Tidak Dibutuhkan

BANDARLAMPUNG (suarapedia) -  Wacana Arinal Djunaidi membentuk tim transisi di masa pemerintahannya dinilai akademisi Universitas

 

Bandar Lampung
Selasa, 25 September 2018 20:28 WIB
Ekonomi

Menu Baru Restoran Ayam Nyelekit, Makan Ayam Pedas Tanpa Tulang

BANDARLAMPUNG (suarapedia) - Bagi anda pecinta masakan ayam pedas. Nampaknya harus mencoba menu baru dari restoran ayam nyelekit

 

Advertorial
Selasa, 25 September 2018 19:48 WIB
Advetorial

Gubernur Lampung Lantik Bupati Terpilih Tanggamus

TANGGAMUS (suarapedia) - Bupati terpilih Kabupaten Tanggamus Hj. Dewi Handajani SE.MM dan Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM Syafi’i