Kamis, 16 Agustus 2018
Mode Baca

Home/ Hukum / Berita

Senin, 06 Agustus 2018 21:19 WIB

Fakta Persidangan Tipikor, Terdakwa Sebut Kepala Dinas Terlibat

Foto : suarapedia/bowo laksono

BANDARLAMPUNG (suarapedia) - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Barat, disebut-sebut dalam sidang korupsi pengadaan mebel sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Barat.

Hal itu terungkap saat terdakwa Evan Mardiansyah selaku Pegawai Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Lampung, membacakan fledoi (pembelaan) di Pengadilan Negeri Kelas IA, Tanjungkarang, Bandarlampung, Senin (6/8/2018).

"Dana sebesar Rp400 juta, Hapzi selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Barat juga menikmati," ujarnya sambil menangis tersedu-sedu.

Menurut terdakwa, dalam fledoinya ia juga menulis bahwa dirinya tidak menikmati kerugian negara sebesar kurang lebih Rp600 juta. Dihadapan Majelis Hakim, ia juga mengatakan, bahwa dirinya telah dizholimi.

"Peran saya dalam kasus ini adalah sebagai penyandang dana. Peran sjaya juga diminta oleh teman saya Andri Yanto alias Adek alias Tolib setelah mendengar informasi dari Iwan Mesuji bahwa di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Barat ada proyek tersebut," jelasnya.

Tidak hanya Kadis, terdakwa juga menyebut lima orang lainnya yang telah menerima aliran dana proyek tetsebut. Kelimanya diantaranya, Foster Dallas, Andri Yanto alias Adek alias Tolib, Decky, Robbyn Nur dan Aris.

"Foster Dallas menerima dana Rp48,5 juta, Andri Yanto alias Adek alias Tolib menerima dana Rp97 juta, Decky menerima dana Rp17 juta, Robbyn Nur menerima dana Rp5 juta dan Aris menerima dana Rp15 juta," paparnya.

Sebelumnya, terdakwa dituntut kurungan penjara selama empat tahun denda Rp50 juta subsider enam bulan kurungan penjara dan uang pengganti Rp642 juta subsider 12 tahun kurungan penjara.

Terdakwa juga didakwa dengan Pasal 3 jo. Pasal 18 UU. Tipikor jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP jo. 65 ayat (1) KUHP.

Sementara itu, kepala dinas pendidikan dam kebudayaan pesisir barat belum dapat dihubungi. (BOWO)



Bandar Lampung
Kamis, 16 Agustus 2018 00:33 WIB
Politik

Ini Klarifikasi Andi Arif Soal Demokrat Lampung

BANDARLAMPUNG (suarapedia) - Kekalahan di Pilgub Lampung beberapa waktu lalu, membuat jabatan Muhammad Ridho Ficardo sebagai Ketua

 

Semarang
Rabu, 15 Agustus 2018 22:29 WIB
Daerah

CCAI Jawa Tengah Resmikan Rumah Bantuan RTLH di Jatijajar

BAWEN (suarapedia) - Dalam memperingati HUT kemerdekaan RI yang ke-73, Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) Jawa Tengah (Jateng)

 

Bandarlampung
Rabu, 15 Agustus 2018 22:12 WIB
Olahraga

Dikalahkan Palestina, Masihkah Timnas Indonesia Berpeluang Lolos?

BANDARLAMPUNG (suarapedia) – Timnas U-23 Indonesia masih tertahan di peringkat ke-3 klasemen sementara Grup A cabang sepak

 

Tulangbawang
Rabu, 15 Agustus 2018 21:51 WIB
Pendidikan

Winarti Serahkan Bantuan BOP dan PAUD

TULANGBAWANG (suarapedia) - Bupati Tulangbawang, Winarti, menyerahkan secara simbolis berupa Bantuan Operasional Penyelenggaraan

 

Pesisir Barat
Rabu, 15 Agustus 2018 20:17 WIB
Daerah

Polsek Bengkunat Sambangi Kediaman Korban Amukan Gajah

PESISIR BARAT (suarapedia) - Jajaran Polsek Bengkunat Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Lampung, menyambangi kediaman korban