29 Maret 2020
Waykanan

Cadas dan Indah, Bumibaru Trek Favorit Pecinta Sepeda Gunung

Foto: suarapedia/chaikal

WAYKANAN (suarapedia)-Panorama alam Kampung Bumibaru, Kecamatan Blambanganumpu, Kabupaten Waykanan, Lampung, sangat indah untuk dinikmati, termasuk bagi pecinta sepeda yang ingin menjelajahi trek yang disajikan alam.

Mulai dari tanjakan dan turunan. Bagi pecinta olahraga sepeda gunung, memilih jalur onroad adalah suatu pilihan ketika bersepeda, karena jalurnya sudah tertata dan tanjakan sebagai tantangannya.

Bumibaru ciycling Asik (BCA), salah satu klub sepeda pecinta jalur offroad. Berburu single trek menjadi incaran pecinta petualang ekstrem penikmat turunan dalam berolahraga yang memacu adrenalin ini. Mengapa? karena hampir 90 persen yang dicari adalah trek turunan yang terjal dan memompa jantung.

Di kawasan perbukitan, sungai dan panorama lainnya, tersaji di trek yang ada di Kampung Bumibaru.

Jalur ini menyimpan trek yang cukup menantang bagi pecinta jalur offroad. Sebelum mencapai tempat start, pesepeda harus menaikkan sepedanya ke mobil agar dapat naik ke titik kumpul. Pemandangan alam tersaji sangat indah. Di sinilah letak keasyikannya. Trek sepeda dibuat menyesuaikan kontur jalanan tanah yang setapak dan batu-batu besar yang dirasa cukup aman untuk dijadikan drop off.

Dan tentunya keselamatan dalam bersepeda selalu diutamakan. Terlebih jalur offroad banyak risiko cedera jika tidak mengetahui teknik bersepeda. Memasuki garis start goweser langsung disuguhkan hutan dan sungai yang sejuk tentu Membutuhkan stamina fisik yang prima untuk dapat melibas setiap rintangan yang ada.

Di beberapa titik juga kerap ditemui ranting pohon dan batang pohon sehingga dibutuhkan kewaspadaan. “Di sini juga mempunyai daya pikat trek yang tak kalah dengan daerah lain,” ungkap Candra Kurniawan, ketua komunitas BCA saat mengikuti kegiatan offroad, Sabtu (25/1/2020).

Sesampainya di pemukiman warga, pesepeda akan disuguhkan pemandangan  yang terhampar luas hingga memasuki kebun karet. Di sinilah tantangan bagi pecinta sepeda downhill untuk mengasah skill dan adrenalin yang sangat tinggi.

Sesampainya di sungai, goweser melepas lelah dengan merendamkan kaki dan mencuci sepeda disungai. “Saya harap goweser lain mencoba trek yang memacu adrenalin ini untuk selingan ketika bosan bersepeda jalur datar dan menanjak ini juga menjadi anak kita refresing dan silaturahmi diwaktu weekend melepas penat atas kesibukan sehari hari,” kata Candra. (CHAIKAL)


Tag : Bumibaru Sepeda Gunung BCA

Berita Lainnya

©copyright 2018, All right reserved ®www.suarapedia.com