25 Februari 2020
BANDARLAMPUNG

5962 Warga Lampung Penerima PKH Mundur

Dinas sosial memberikan piagam graduasi mandiri kepada warga yang mau secara sukarela menyatakan keluar dari penerimaan PKH. | Foto: istimewa

BANDARLAMPUNG (suarapedia)-Dinas Sosial Provinsi Lampung mencatat, awal tahun 2020 ini, jumlah warga penerima PKH di 15 kabupaten/kota mengalami penurunan.

Kepala Dinas Sosial Lampung Sumarju Saeni mengatakan, sebanyak 5,962 warga menyatakan graduasi sejahtera mandiri (mengundurkan diri sukarela) dari bantuan penerima PKH.

"Mereka beralasan sudah tidak layak lagi menerima bantuan dari pemerintah pusat itu, sebab ekonomi mereka mulai meningkat," Kata dia diruang kerjanya, Selasa (21/1/2020).

Sumarju menjelaskan, di Lampung sendiri tahun 2019 jumlah warga penerima bantuan PKH sebesar 472,706 peserta. Sedangkan ditahun 2020 ini, dari jumlah tersebut mengalami penurunan sebesar 36,833 peserta atau sebesar 435,873 peserta penerima PKH.

Dia menambahkan PKH merupakan bantuan sosial yang bersyarat, terdapat beberapa komponen yang menjadi pertimbangan untuk terdaftar sebagai penerima bantuan. Jika peserta PKH sudah tidak masuk dalam komponen ini, otomatis dia keluar dari PKH.

"Data itu diverifikasi setiap tiga bulan sampai enam bulab sekali. Beberapa komponen layak penerima PKH antara lain, keluarga miskin memiliki ibu hamil, lansia, ada anak sekolah sampai SLTA dan anak difaber," kata dia.

Menurut Mantan kepala Dinas Kominfo Lampung ini, penurunan jumlah peserta PKH tersebut bukan rumah warga engan di pasang stiker, namun karena upaya pemprov terus memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa tidak selamanya bergantung pada bantuan pemerintah. Masyarakat perlu berupaya meningkatkan ekonomi secara pribadi.

“Ini lah yang kita dorong melalui tenaga pendamping supaya masyarakat penerima ini jangan hanya bergantung pada bantuan, tetapi juga perlu untuk mengembangkan ekonominya sehingga diharapkan ke depan mereka tidak selamanya terdaftar dalam penerima bantuan," kata dia.(BOWO)


Tag : Lampung PKH Mundur Dinas Sosial Sumarju Saeni

Berita Lainnya

Loading...

©copyright 2018, All right reserved ®www.suarapedia.com