25 Februari 2020
Bandarlampung

Ketua PP IPNU Sayangkan Hukuman Bagi Pelajar Bunuh Begal Karena Membela Diri

Foto: istimewa

BANDARLAMPUNG (suarapedia)- Ketua Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) Bidang Advokasi dan Kebijakan Publik Syarif Hidayat angkat bicara terkait kasus pelajar yang membela diri dari di ancam hukuman seumur hidup.

Syarif menyayangkan langkah penegak hukum yang menjerat pelajar yang membela diri melindungi harta dan pacar yang akan diperkosa dari pembegal dituntut  dengan pidana 15 tahun penjara. Kasus yang terjadi di Malang, Minggu (8/9/2019), 

Sidang pertma yang digelar Pengadilan Negeri (PN) Kepanjen Malang dilakukan sejak Selasa (14/1/2020) kemarin mendapat sorotan berbagai oramas, LSM, Media yang ada di Kota Malang hingga luar kota.

“Kasus yang minimpa pelajar ini patut disoroti karena dalam kasus pembunuhan ini, ZA (tersangka pembunuhan berencana)  masih duduk sebagai pelajar ini murni membala diri dari ancaman kejahatan,” ungkap tokoh IPNU asal Lampung Timur, Jumat (17/1/2020).

Seharusnya kasus-kasus seperti ini ada pengawalan yang lebih dari pihak pihak penegak hukum dan pemangku kebijakan Kota Malang. Karena kasus tersebut bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Lah bagaiamana jika melindungi harta dan Kehormatan milik kita pribadi  dianggap pembunuhan berecana sedangkan hal itu dilakukan untuk membela dari dari kejahatan apakah kami masyarakat lemah ini harus berpasrah diri dan menurut saja serta manut kepada penjahat yang mengacam nyawa dan harta kita," jelas Syarif

Dia mengharapkan kepada aparat dan penegak hukum untuk dapat mengawal kasus ini dengan sebaik-baiknya.Dan berharap agar bisa melihat kasus ini dengan teliti dan mempertimbangkan dan memutuskan yang seadil-adilnya.

“Karena jika ZA dihukum penjara seumur hidup maka masyarakat lemah semakin takut untuk membela diri dari kejahatan yang mengintai, Dan semakin merajalelanya Kasus kekerasan Curas, Pembegalan dan lain sebagainya.Karena dianggap sebagai pembunuh  walaupun membela diri melindungi harta yang hendak dirampas," pungkasnya.(*/Tim)


Tag : PP IPNU Pelajar Bunuh Begal

Berita Lainnya

Loading...

©copyright 2018, All right reserved ®www.suarapedia.com