19 Januari 2020
PESISIR BARAT

Melanggar PMK, DPMP Pesibar Segera Panggil Peratin Pekon Walur

Foto: istimewa/lampungpost.id

PESISIR BARAT (suarapedia)-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Lampung, menilai kebijakan peratin Pekon Walur Kecamatan Krui Selatan yang tidak memberdayakan masyarakatnya dalam pembangunan balai pekon yang bersumber dari Anggaran Dana Desa-Dana Desa (ADD-DD) Tahun 2019, merupakan kebijakan yang salah.

Kabid. Pemerintahan Pekon, Iswandi, mendampingi Plt. Kepala DPMP, Eksir Abadi, ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa kebijakan Peratin Pekon Walur yang menggunakan jasa tukang dari luar dalam pembangunan balai pekon tahun lalu itu jelas menyalahi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor: 025 Tahun 2019, regulasi yang mengatur berkaitan dengan keharusan memberdayakan masyarakat dalam suatu pembangunan yang bersumber dari ADD-DD.

"Kebijakan peratin itu jelas salah, karena bagaimanapun juga pembangunan dari anggaran tersebut wajib untuk memberdayakan masyarakatnya sendiri, bukan malah sewa jasa tukang dari luar. Karena tujuannya sangat jelas, agar masyarakat yang dipimpinnya itu bisa terbantu  dalam hal perekonomiannya," tegas Iswandi, Senin (13/1/2020).

Lebih lagi, jika kebijakan tersebut didasari dari penilaian peratinnya yang meragukan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) dari masyarakatnya sendiri. "Kan pembangunan itu mengacu dengan gambar yang sudah disusun dalam Rancangan Anggaran Belanja (RAB). Artinya tidak mungkin masyarakatnya tidak mampu," lanjutnya.

"Dan kalau hanya menggunakan jasa satu orang dari luar sebagai kepala tukang, masih bisa dibilang wajar. Tapi kalau sudah lebih, itu merupakan kebijakan keliru, apalagi sampai merendahkan SDM masyarakatnya sendiri," imbuh Iswandi.

Menyikapi hal tersebut, Iswandi berjanji akan segera melayangkan surat panggilan terhadap peratin Pekon Walur dan melakukan langkah-langkah lainnya. "Segera kami panggil, dan kami juga akan kroscek langsung ke lapangan," pungkasnya. (NOVAN)


Tag : PMK DPMP Pesibar Peratin Pekon Walur DD ADD

Berita Lainnya

Loading...

©copyright 2018, All right reserved ®www.suarapedia.com