13 November 2019
KAB SEMARANG

Kepala BPBD Kab. Semarang Lepas Peserta Diksar IV SAR BUSER

Penyematan syal peserta diksar oleh Kepala BPBD Kab. Semarang | Foto: suarapedia/fera

KAB. SEMARANG (suarapedia)-Pendidikan dasar (diksar) IV kembali di gelar tim Search And Rescue (SAR) Bumi Serasi ( BUSER ) Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Kegiatan itu berlangsung selama tiga hari, mulai Jumat (8/11/2019) hingga Minggu (10/11/2019).

Tahun ini ada 25 peserta yang berhasil lolos mengikuti diksar ke IV tersebut. Sebelumnya para peserta sudah mendapatkan materi tertulis selama satu bulan dalam pendidikan pra diksar yang digelar selama bulan Oktober setiap hari Minggu.

Pelepasan ke 25 peserta diksar SAR BUSER dilaksanakan di halaman kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Semarang, Jln. Kisarino Mangunpranoto No. 55 Bandarjo Ungaran.

Upacara pembukaan sekaligus pelepasan peserta dilakukan langsung oleh Kepala BPBD Kab. Semarang, Heru Subroto.

Dalam sambutannya Heru mengatakan bahwa sejak bulan Januari hingga November 2019 kejadian bencana di wilayah Kab. Semarang sebanyak 243 dengan skala ringan.

"Meski skala bencana tergolong kecil namun relawan tidak boleh menganggap remeh bencana. Sebagai relawan yang memiliki misi kemanusiaan harus selalu tanggap bencana." papar Heru.

Masih menurut Heru, penambahan jumlah relawan SAR BUSER tahun ini sangat membantu tugas pokok dan fungsi BPBD dalam penanggulangan bencana. Lebih lanjut Heru menegaskan bahwa keterbatasan jumlah SDM BPBD Kab. Semarang saat tanggap darurat bencana saat ini justru membutuhkan dukungan dari semua pihak terutama relawan.

"Diksar bukan penyisaksaan tapi pembentukan mental, jika mental tidak kuat maka akan berpengaruh pada fisik. Sedang relawan dituntut untuk memiliki fisik yang tangguh terutama dalam penanggulangan darurat bencana." ujar Heru memberi semangat pada para peserta diksar.(FERA)


Tag : BPBD Kab Semarang SAR BUSER

Berita Lainnya

Loading...

©copyright 2018, All right reserved ®www.suarapedia.com