13 November 2019
Home Politik Berita
MESUJI

Bagi-bagi Sembako, Oknum BPD Simpangpematang Dikecam Masyarakat

Foto: dok.suarapedia

Mesuji (suarapedia)-Masyarakat Desa Simpangpematang, Kecamatan Simpangpematang, Kabuparten Mesuji, Lampung, mengecam keras aksi Sekretaris BPD wilayah setempat yang melakukan bagi-bagi sembako.

Masyarakat menilai oknum tersebut tak netral saat proses pemilihan kepala desa berlangsung.

Seperti disampaikan AL (40). Dia menjelaskan sekretaris BPD berinisial JM diduga mendukung salah satu calon kades untuk melakukan aksi bagi-bagi sembako  di RK 2 Desa Simpangpematang.

Aksi terselubug ini berupa pembagian paket sembako yang berisi gula, beras dan minyak goreng yang dibungkus dan dilengkapi foto salah satu calon.

"BPD kan aparatur pemerintah desa semestinya dia netral bukan malah mendukung salah satu calon apa lagi sampai di duga bagi bagi sembako kepada warga degan tujuan agar mendapat dispatisan suara masyarakat," jelasnya (7/10/2019).

Ia menambahkan atas kejadian itu masyarakat Simpangpematang menilai bahwa sekretaris BPD tersebut tidak netral bahkan degan adanya ikut berpolitik sama saja dia menenentang Pasal 51 UU nomor 6 tahun 2014 yang berbunyi bahwa perangkat desa di larang menggunakan wewenang, hak dan kewajibannya,selain itu perangkat desa juga di larang menguntungkan diri sendiri, keluarga, orang lain atau golongan tertentu.

"Seyogiyanya degan adanya dugaan bagi-bagi sembako ini aparatur desa justru mengajarkan hal yang tidak baik serta merusak tatatanan transparansi demokrasi politik terlebih pada moment Pildes serentak desa Simpangpematang yang akan di gelar dalam waktu dekat," tegasnya.

Terpisah terkait adanya dugaan bagi-bagi Sembako, Kepala DPMD Mesuji Sunardi Sukau belum dapat di konfirmasi karena nomor ponsel miliknya sedang tidak aktif.

Terkait hal itu, Ketua BPD Simpangpematang Bambang Paryanto saat di konfirmasi menjelaskan bahwa pihaknya akan memberikan teguran keras kepada Sekretaris BPD jika terbukti melakukan pembagian sembako.

"Kami masih mengunggu laporan dari masyarakat, jika terbukti akan kami tindak lanjuti," tegasnya.

Ia menambahkan, selaku BPD harusnya bersikap netral tanpa memihak siapapun, dan jika ada yang tidak netral akan diberi sanksi tegas hingga pemberhentian.(TIM)


Tag : Bagi-bagi Sembako Oknum BPD Simpangpematang

Berita Lainnya

Loading...

©copyright 2018, All right reserved ®www.suarapedia.com