13 November 2019
METRO

SMKN 1 Metro Deklarasikan Sekolah Ramah Anak

Foto: suarapedia/zainal arifin

METRO (suarapedia)- SMKN 1 Metro, Lampung, mendeklarasikan sekolah ramah anak (SERA) yang diikuti oleh para dewan guru dan seluruh siswa-siswi kelas X-XII, yang berlangsung dihalaman sekolah setempat, Kamis (7/11/2019).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka bertepatan dengan, Sehari Belajar Di Luar Kelas, Kamis 7 November 2019, sedangkan ikrar sekolah ramah anak SMKN 1 selain dewan guru juga diprakarsai oleh OSIS sekokah setempat yaitu, mewujudkan sekolah yang aman, bersih, sehat, hijau, inklusif nyaman dan nyaman bagi peserta didik

Meningkatkan ketakwaan dasar kemanusiaan yang adil dan beradab dan menghargai hak-hak anak menjadi motifator dan indikator sekaligus sahabat bagi peserta didik.

Menciptakan sekolah bebad dari Fandalisme kekerasan fisik dan non fisik.Menciptakan sekolah bebas dari asap rokok minuman keras dan narkotika. Mendukung suasana keakraban sebagai komunitas pembelajar dan tempat pendidikan sebagai sekolah keluarga. Menciptakan lingkungan sekolah bebas dari forno grafi dan forno aksi.

Kepala SMKN 1 Metro, Dwi Widyaningsih mengatakan bahwa sekolah ramah anak perlu dilaksanakan mengingat seringnya tindak kekerasan hingga merenggut nyawa baik terhadap para anak didik maupun para guru, "Hal inilah yang mendorong kami para dewan guru untuk bersama dengan OSIS sekolah kami mengikrarkan tujuh poin itu," terangnya.

Lebih lanjut, Dwi juga mengatakan adanya sekolah ramah anak disekokahnya diharapkan adanya pembiasaan yang diawali dengan tiga S (senyum, sapa, salam) serta menjalankan sholat lima waktu, "Juga membiasakan para siswa-siswi rajin membaca buku, karena belajar bukan hanya didalam kelas diluar kelas anak-anak juga bisa belajar," jelasnya.

Selain itu kata Dwi, para siswa juga harus memiliki karakter yang baik, terutama sikap dengan para dewan guru serta dengan sesama siswa, serta dapat memper erat silaturahmi antar siswa dan atar dewan guru, "Yang jelas dapat memper erat silaturahmi keluarga besar SMKN 1 Metro," pungkasnya. (ZAINAL ARIFIN)


Tag : SMKN 1 Metro Sekolah Ramah Anak

Berita Lainnya

Loading...

©copyright 2018, All right reserved ®www.suarapedia.com