13 November 2019
Home Politik Berita
BANDARLAMPUNG

Loekman Penuhi Panggilan KPK, Bukan OTT

Foto: istimewa/ilustrasi

BANDARLAMPUNG (suarapedia)–Terkait isu beredarnya Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ternyata tidak benar.

Loekman memang berada di Jakarta, tapi bukan terkena OTT melainkan akan menerima penghargaan dari Kementerian.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, KPK memang berencana melakukan pemanggilan terhadap Loekman terkait kasis Bupati Mesuji non aktif, Khamami.

Namun, Febri tak merinci kapan jadwal pemeriksaan terhadap mantan adik Jaksa Agung Muhammad Prasetyo itu.

Informasi yang diperoleh, pemanggilan Loekman Djoyosoemarto pernah dilakukan pada Kamis (16/5/2019). Tak hanya dia, Wakil Bupati Mesuji dan Ketua DPRD Mesuji juga dipanggil di hari yang sama. Yakni, Saply dan Fuad Amrullah.

Di hari itu, Loekman kepada beberapa media di Lampung membantah mendapat panggilan KPK. Namun, berdasarkan penelusuran Kupas Tuntas, dia diperiksa oleh KPK selama enam jam. Loekman hadir di KPK dan masuk ke dalam gedung lembaga antirasuah dari pukul 10.00 WIB. Kemudian keluar meninggalkan gedung KPK pukul 15.00 WIB.

Salah seorang pegawai KPK yang bertugas di Bidang Humas Ipi Maryati, membenarkan status Loekman Djoyosoemarto sebagai saksi terperiksa.

Sama seperti Febri, Ipi sendiri tidak dapat merinci kapan jadwal pemeriksaan itu berlangsung seperti yang diutarakan Febri, Senin (4/11/2019).

Ia mengatakan akan bertanya kepada Febri berkaitan dengan rincian jadwal pemeriksaan Loekman Djoyosoemarto. “Nah, kalau ini, yang bersangkutan (Febri) yang bisa jawab nih. Kapan tepatnya pemanggilan tersebut. Aku coba forward ke dia ya,” kata dia.

Pemanggilan ini berkorelasi dengan fakta persidangan dalam perkara Bupati Mesuji, Khamami.

Nama Loekman Djoyosoemarto, Saply dan Fuad Amrullah tercatat sebagai kontraktor yang mengerjakan proyek infrastruktur pada Dinas Bina Marga Mesuji. Di sini lah terungkap substansi pemeriksaan yang diinginkan penyidik kepada Loekman.

Saply dan Fuad Amrullah akhirnya dihadirkan sebagai saksi. Dalam sidang di Pengadilan Tipikor Tanjungkarang pada Kamis (11/7/2019), keduanya membantah telah ikut mendapat jatah proyek di Mesuji.

Loekman Djoyosoemarto tak pernah hadir sebagai saksi hingga sidang perkara Bupati Mesuji Khamami berakhir. Hakim memvonis Khamami dengan pidana penjara selama 8 tahun.(*)


Tag : Loekman Djoyosoemarto KPK OTT

Berita Lainnya

Loading...

©copyright 2018, All right reserved ®www.suarapedia.com