18 Oktober 2019
SEMARANG

Puluhan Ribu Warga Semarang Krisis Air Bersih

Foto: suarapedia/fera

SEMARANG (suarapeda)-Dampak kemarau panjang sudah mulai memasuki puncaknya di wilayah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Setidaknya ada 79 dusun dari 13 kecamatan di wilayah Kabupaten Semarang yang mengalami dampak kekeringan terparah sepanjang tahun 2019.

Akibatnya lebih dari 31 ribu jiwa mengalami kekurangan air bersih.

Untuk mengatasi dampak kekeringan yang melanda warga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang melakukan dropping air ke wilayah-wilayah terdampak.

Sepanjang bulan Oktober hingga hari ini, Rabu (9/10/2019), BPBD Kabupaten Semarang sudah menyalurkan 72 tangki air bersih atau setara dengan 360.000 liter air bersih.

BPBD sendiri sudah menyiapkan 332 tangki air bersih selama bulan Oktober 2019 yang akan dikirim setiap harinya secara bergilir ke wilayah yang paling parah mengalami kekeringan.

"Selama bulan Oktober ini kita sudah menjadwalkan pengir

iman ke sejumlah wilayah. Dengan jumlah 8 tangki air per harinya. Total hingga akhir Oktober mendatang kita akan melakukan dropping air sebanyak 332 tangki ke dusun-dusun yang paling parah mengalami kekeringan," papar Riyadi, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Semarang kepada suarapedia.com saat ditemui di kantor BPBD Kabupaten Semarang Jl. Ki Sarino Mangun Pranoto No 55 Ungaran.

"Dropping air ini juga atas kerja sama BPBD Kabupaten Semarang dengan beberapa pihak antara lain PPAT Kabupaten Semarang,  BBI, Coca Cola, BAZNAS, LAZNAS dan juga SMK Bancak." imbuh Riyadi.

Dari pantauan suarapedia.com di lapangan, ada 4 wilayah yang hari ini mendapat bantuan air dari BPBD Kabupaten Semarang yaitu Dusun Kenongo Desa Lemah Ireng Bawen, Dusun Bulu Desa Kandangan Bawen, Dusun Wiru Bringin dan DusunTlompakan Tuntang. Masing-masing dusun mendapat pasokan 2 tangki air bersih dari BPBD Kabupaten Semarang. (FE)


Tag : BPBD Kabupaten Semarang Air Bersih Kemarau

Berita Lainnya

Loading...

©copyright 2018, All right reserved ®www.suarapedia.com