18 Oktober 2019
Lampung Timur

Sambut Musim Tanam, Selorejo Gelar Lomba Tabuh Lesung

Foto: suarapedia/hendra

LAMPUNG TIMUR (suarapedia)- Menyambut musim tanam padi tahun ini, Desa Selorejo Kecamatan Batanghari, Lampung Timur mengadakan lomba tabuh lesung, Selasa (08/10/2019).

Walapun hanya diikuti peserta dari enam dusun, tetapi lomba tersebut menjadi pusat perhatian masyarakat.

Hadir dalam acara tersebut, Camat Batanghari Rohiman, Kepala Desa se-Kecamatan Batanghari, Perangkat Desa Selorejo dan warga.

Camat Batanghari Rohiman dalam sambutanya menjelaskan dalam acara lomba tabuh lesung yang diselenggarakan Desa Selorejo merupakan salah satu bukti bahwa masyarakat tetap menjaga budaya.

“Kita mungkin sudah banyak yang hampir lupa. Oleh karena itu, melalui lomba ini mari kita jaga bersama-sama  bahwa lesung merupakan warisan budaya yang harus dijaga, agar tidak punah. Salah satunya melalui Lomba seperti ini," kata Rohiman

Kepala Desa Selorejo, Supriono mengatakan, lomba tabuh lesung ini dilakukan untuk mengangkat kebudayaan yang mulai tergerus oleh modernisasi.

"Tabuh lesung ini dipilih karena merupakan budaya warisan yang sudah hampir hilang,” ujar Supriono

Dulu, kata dia, hampir semua kegiatan yang ada di desa menggunakan lesung, baik saat mau hajatan, panen dan lain-lain. “Oleh karena itu, pada awal musim tanam kami perangkat Desa Selorejo dalam menyambut musim tanam tahun ini memperlombakan tabuh lesung,” imbuhnya.

Dia berharap di tahun yang akan datang bisa mengundang peserta seluruh desa yang berada di kecamatan Batanghari.

Kaur Keuangan Desa Selorejo Febry mengungkapkan gagasan lombo tabuh lesung ini bisa jadi even yang lebih besar lagi ditahun mendatang. (HENDRA)


Tag : Musim Tanam Selorejo Tabuh Lesung

Berita Lainnya

Loading...

©copyright 2018, All right reserved ®www.suarapedia.com