07 Desember 2019
Home Hukum Berita
TULANGBAWANG BARAT

Buron 1,5 Bulan, Dua Pelaku Curas di Tubaba Ditangkap

Foto: istimewa

TULANGBAWANG BARAT (suarapedia) - Sempat menjadi buronan aparat kepolisian selama 1,5 bulan, akhirnya pelarian DA (37), warga Kampung Bangunsari dan YE (34), warga Kampung Bandaragung, Kecamatan Abungsurakarta, Kabupaten Lampung Utara, berhasil dihentikan oleh Polsek Tulangbawang Tengah.

Kapolsek Tulangbawang Tengah Kompol Zulfikar M mewakili Kapolres Tulangbawang AKBP Syaiful Wahyudi mengatakan, dua pelaku tersebut ditangkap pada Minggu (7/7/2019), sekira pukul 03.15 WIB, di Jalan Raya Kampung Bandaragung, Kecamatan Abungsurakarta.

“Penangkapan terhadap para pelaku ini, merupakan pengembangan dari penangkapan terhadap pelaku Suhaimin (37), warga Kampung Bandaragung dan Perisal (36), warga Kampung Tatakarya, Kecamatan Abungsurakarta yang telah lebih dahulu ditangkap pada Rabu (15/5/2019), sekira pukul 05.30 WIB, di rumahnya masing-masing oleh petugas kami,” ujar Zulfikar, Senin (8/7/2019).

Dasar kami melakukan upaya paksa terhadap para pelaku ini, berdasarkan laporan dari Muhammad Thaiyeb (58), berprofesi wiraswasta, warga Kampung Haji Pemanggilan, Kecamatan Anak Tuha, Kabupaten Lampung Tengah. Tertuang dalam Laporan Polisi Nomor : LP / 91 / V / 2019 / Polda Lpg / Res Tuba / Sek Tuba Tengah, tanggal 14 Mei 2019 tentang tindak pidana curas, kerugian Mobil Suzuki Carry ST-150 Pick Up, warna hitam, BE 8615 KV, yang ditaksir seharga Rp100 Juta.

Yang mana aksi kejahatan yang dilakukan oleh pelaku DA, YE, Suhaimin, Perisal dan dua rekannya yang sekarang masih daftar pencarian orang (DPO), terjadi pada Selasa (14/05/2019), sekira pukul 10.00 WIB, di Jalan Lintas, Kelurahan Panaraganjaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba).

Keenam pelaku tersebut dengan menggunakan mobil minibus Toyota Avanza warna hitam memepet mobil Suzuki carry pick up warna hitam, BE 8615 KV milik pelapor yang sedang dikendarai oleh saksi Maprizal (44) bersama saksi Iskandar (47). Yang mana mobil carry pick up tersebut sedang membawa minyak makan dengan tujuan ke Pasar Panaraganjaya.

“Setelah berhasil memberhentikan mobil milik pelapor, para pelaku tersebut mengaku sebagai anggota polisi dan langsung menyandera para saksi. Kemudian meminta uang tebusan kepada keluarga para saksi sebesar Rp10 Juta, setelah menerima uang tebusan, para saksi langsung ditinggalkan oleh para pelaku Simpang PU perbatasan antara Tulangbawang Tengah dengan Tumijajar, sedangkan kendaraan carry pick up berikut muatannya tetap dibawa oleh para pelaku,” ungkap Zulfikar.

Saat ini pelaku DA dan YE sudah di tahan di Mapolsek Tulangbawang Tengah dan akan dijerat dengan Pasal 365 ayat 2 ke 2 KUHPidana tentang pencurian dengan kekerasan. Diancam dengan pidana penjara paling lama 12 tahun.(HERI)


Tag : Curas Polsek Tulangbawang Tengah Polres Tulangbawang Panaraganjaya

Berita Lainnya

Loading...

©copyright 2018, All right reserved ®www.suarapedia.com