22 Juli 2019
Home Politik Berita
Tulangbawang

Dua Pelaku Curanmor Bersenpi Ditangkap

Foto; istimewa

TULANGBAWANG (suarapedia) - Polsek Rawajitu Selatan berhasil menangkap AT (35) dan SU (41), pelaku spesialis  pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dan memiliki  senjata api rakitan (senpira).

Kapolsek Rawajitu Selatan Iptu Mahbub Junaidi mewakili Kapolres Tulangbawang AKBP Syaiful Wahyudi mengatakan, para pelaku ditangkap pada Jumat (5/7/2019), sekira pukul 00.15 WIB, di sebuah losmen yang berada di Kampung Gedung Karyajitu.

 “AT yang berstatus pengangguran, merupakan warga Dusun Sidang Muara Jaya dan SU yang berprofesi tani, merupakan warga Dusun Sidang Kurnia Agung, Kecamatan Rawajitu Utara, Kabupaten Mesuji,” tutur Junaidi.

Penangkapan terhadap para pelaku, berdasarkan laporan dari korban Hendra (29), berprofesi wiraswasta, warga Jalan Anggur, Kampung Gedung Karya Jitu, Kecamatan Rawajitu Selatan, Kabupaten Tulangbawang. Tertuang dalam Laporan Polisi Nomor : LP / 162 / VII / 2019 / Polda Lpg / Res Tuba / Sek Jitu, tanggal 04 Juli 2019, kerugian sepeda motor Yamaha NMAX warna hitam, BE 4703 TQ.

Aksi kejahatan yang dilakukan oleh para pelaku, terjadi pada Kamis (4/7/2019), sekira pukul 03.00 WIB, di dalam rumah korban. Yang masa saat itu korban sedang tertidur di dalam kamarnya dan mendengar suara sepeda motor miliknya dalam posisi terparkir di dalam ruang tamu ada yang menghidupkan, sontak korban pun terbangun dan berlari ke depan rumah. Disana korban melihat seseorang sudah mengendarai sepeda motor miliknya dan kabur meninggalkan korban. IKLAN KPU

Berbekal laporan dari korban, petugas kami melakukan penyelidikan untuk mencari siapa pelakunya. Berkat keuletan dan kegigihan petugas di lapangan akhirnya para pelaku berhasil ditangkap, saat akan dilakukan penangkapan salah satu pelaku berinisial AT melakukan perlawan yang membahayakan petugas dengan menggunakan senpi rakitan jenis revolver, sehingga dengan terpaksa dilakukan tindakan tegas dan terukur pada kedua kaki pelaku.

“Menurut pengakuan para pelaku saat di interogasi oleh petugas kami, para pelaku ini telah enam kali melakukan aksi curanmor. Dua  tempat kejadian perkara (TKP) di Kampung Wonoagung, tiga TKP di Kampung Gedung Karyajitu dan satu TKP di Kampung Sukabhakti, Kecamatan Gedungaji Baru,” ungkap Junaidi.

Dari tangan para pelaku, petugas berhasil menyita  barang bukti (BB) berupa senpi rakitan jenis revolver, tiga butir amunisi aktif call 5,56 mm, empat lembar STNK sepeda motor, dompet warna hitam yang berisi uang tunai sebanyak Rp. 1,1 Juta, satu buah pirex yang berisi sabu dan sepeda motor Yamaha R25 warna biru.

Saat ini para pelaku masih dilakukan pemeriksaan secara intensif di Mapolsek Rawajitu Selatan. Untuk kejahatan curanmornya para pelaku akan dijerat dengan Pasal 363 ayat 1 ke 4 dan ke 5 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan. Diancam dengan pidana penjara paling lama 7 tahun.

Sedangkan untuk kepemilikan senpi rakitan dan amunisinya, para pelaku akan dijerat dengan Pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Darurat Republik Indonesia Nomor 12 tahun 1951 tentang larangan kepemilikan senpi dan amunisi secara illegal. Diancam dengan hukuman mati atau hukuman penjara seumur hidup atau hukuman penjara sementara setinggi-tingginya 20 tahun.(HERI)


Tag : Curanmor Polsek Rawajitu Selatan Polres Tulangbawang

Berita Lainnya

Loading...

©copyright 2018, All right reserved ®www.suarapedia.com