22 Juli 2019
Home Advetorial Berita
ADVERTORIAL

DPRD Tuba Gelar Paripurna Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2018

Foto: istimewa

TULANGBAWANG (suarapedia) – Raperda Kabupaten Tulangbawang (Tuba) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2018 sebagai pelaksanaan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 13 Tahun 2006. Adalah bentuk pelaporan yang disajikan oleh Pemerintah Daerah yang salah satu mekanismenya disampaikan kepada Lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Rapat Paripurna yang dilaksanakan dikantor DPRD Tulangbawang jalan lintas timur, Jumat(28/6/2019)

Ketua DPRD Tulangbawang Sopi’i sebagai pemimpin mengatakan, selamat kepada Pemerintah Kabupaten Tulangbawang atas diraihnya Predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) terhadap Laporan Pengelolaan Keuangan Pemerintah Kabupaten Tulangbawang. Predikat WTP ini adalah yang kesekian kalinya, secara berturut – turut diraih oleh Kabupaten Tulangbawang, Fraksi – Fraksi DPRD Kabupaten Tulangbawang dan kita semua patut mengapresiasi atas capaian ini, Hal ini merupakan prestasi yang wajib dijaga dan dipertahankan ditahun – tahun mendatang.

“Meskipun dari segi penata usahaan keuangan Pemerintah Kabupaten Tulangbawang telah memenuhi asas Kepatutan terhadap Ketentuan Perundang – undangan khususnya ketentuan tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Fraksi – Fraksi DPRD Kabupaten Tulangbawang tetap kritis sebagai fungsi kontrol kepada Pemerintah, Kami justru bertitik berat pada seberapa besar kemanfaatan yang bisa diterima masyarakat tidak mutlak pada berapa besarnya alokasi anggaran, tetapi lebih pada ketepatan terhadap sasaran pembangunan, tingkat kepuasaan masyarakat terhadap pelayanan publik harus semakin tinggi, karena kita sepakat bahwa Esensi pembangunan adalah kesejahteraan masyarakat,” ucap Sopi’i saat memimpin Paripurna.

Lebih lanjut, Sering melesetnya target Pendapatan yang tidak sepenuhnya terealisasi, pasti berdampak pada melesetnya target belanja yang direncanakan. Yang mana berdampak pada pelayanan publik, dampak terhadap penyelenggaraan urusan wajib dan urusan pilihan pemerintah. IKLAN KPU

Dalam lampiran raperda memang sudah tergambar rinci penggunaan – penggunaan anggaran sepanjang tahun 2018, laporan administrasi berupa anggaran – anggaran yang ter-SPJ-kan Dalam perspektif berbeda.

“kami ingin melihat seperti apa kenyataan yang dirasakan masyarakat, Seberapa terbentukah masyarakat dari program – program pemerintah melalui APBD. Seberapa terbentukah para wali murid dalam mengantarkan putra/putrinya menempuh pendidikan, seberapa terbantukah para pasien dengan pelayanan dan kemudahan – kemudahan akses kesehatan, seberapa terbentukah masyarakat mendapat pelayanan pengurusan dokumen kependudukan, seberapa terbentukah masyarakat berwirausaha, dan seberapa terbentukah masyarakat memasarkan hasil – hasil bumi,” jelasnya

DPRD Tulangbawang pun berharap pemerintah dapat mensimulasikan belanja tidak langsung yang umumnya untuk membiayai urusan wajib belanja pegawai aparatur di Lingkungan Kerja Pemerintah Kabupaten Tulangbawang. Berapa jumlah persis PNS, Honorer, Tenaga Kontrak dan Tenaga – tenaga lainnya serta berapa alokasi anggaran untuk keperluan gaji, tunjangan, operasional dan sebagainya.

Komponen ini penting, karena hasil kalkulasinya akan berpengaruh pada penempatan klaster Kemampuan Keuangan Daerah (KKD) Kabupaten Tulangbawang dan partisipasi swasta dalam pembangunan Kabupaten Tulangbawang baik melalui pintu CSR maupun pintu tanggungjawab sosial dari perusahaan – perusahaan yang ada di Kabupaten Tulangbawang. pembangunan tidak mungkin hanya mengandalkan APBD, tetapi sektor swasta harus memberi andil dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Hadir dalam acara kali ini Bupati Tulangbawang Winarti yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Antoni, Ketua DPRD Tulangbawang Sopi’i, anggota Forkopimda, anggota DPRD Tulangbawang, Sekertaris Daerah, para staf ahli, asisten, kepala dinas/badan/kantor/camat, Media Cetak,online, elektronik, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan LSM.(ADV)


Tag : DPRD Tuba APBD 2018

Berita Lainnya

Loading...

©copyright 2018, All right reserved ®www.suarapedia.com