22 Mei 2019
Home Hukum Berita
Bandar Lampung

Usai Pilpres, Masyarakat Tuba Ancam Duduki SGC

Foto: suarapedia/bowo

BANDARLAMPUNG (suarapedia) - Usai menggeruduk gedung DPRD Provinsi Lampung. Puluhan massa perwakilan empat kecamatan di Tulangbawang (Tuba), mengancam bakal duduki lahan tanah Umbul yang dikuasai oleh PT Sweet Indo Lampung (SIL), jika permasalahan hak masyarakat atas tanah Umbul tidak terselesaikan.

Supri Boko juru bicara perwakilan masyarakat empat kecamatan, Gunungtapa, Gedungmeneng, Gedungaji dan Denteteladas mengatakan, usai pertemuan dengan pimpinan DPRD  dan pemerintah daerah, masyarakat sangat berharap hak masyarakat atas tanah Umbul bisa terselesaikan.

"Kita sangat berharap, pada DPRD dan pemerintah bisa menyelesaikan persoalan ini sebelum pilpres," tegas dia.

Dia pun menyebut,  sudah 25 tahun masyarakat sabar menunggu kejelasan atas hak tanah Umbul yang dikuasai oleh Anak perusahaan Sugar Grup Company (SGC). Ia pun memberikan meminta secepatnya masyarakat bisa dipertemukan dengan perusahaan.

"Kalau bisa sebelum pemilu kita bisa dipertemukan dengan pihak perusahaan. Jika tidak, jangan salahkan masyarakat akan duduki  lahan umbul yang ditanami tebu oleh PT SIL," kata dia.

Dia menyebutkan, langkah yang  masyarakat ambil ini bukan anti perusahaan atau bahkan menghancurkan perusahaan. Masyarakat di empat kecamatan ini hanya meminta hak atas tanah yang digunakan oleh PT SIL.

"Kita hanya menuntut hak atas tanah Umbul masyarakat empat kecamatan di Tulangbawang. Bukan kita anti atau ingin hancurkan perusahaan. Ganti rugi atau kembalikan tanah Umbul masyarakat yang selama dua puluh lima tahun diserobot PT SIL," kata dia.

Sementara itu, menanggapi hal ini, ketua DPRD Lampung Dedi Afrizal meminta masyarakat tidak melakukan hal yang anarkis. Meminta mereka untuk bersabar. Sebab saat ini DPRD dan pemerintah daerah sedang mencarikan solusi yang terbaik.

"Saya berharap masyarakat bisa bersabar. Jangan melakukan hal-hal yang anarkis, apalagi sampai menduduki lahan. Saat ini DPRD dan pemerintah daerah sedang mencari solusi tanpa menimbulkan masalah baru," kata dia. (BOWO)


Tag : DPRD Lampung SGC SIL Gunungtapa Gedungmeneng Gedungaji Denteteladas

Berita Lainnya

Loading...

©copyright 2018, All right reserved ®www.suarapedia.com