22 Mei 2019
Home Ekonomi Berita
Pesisir Barat

Pesisir Barat Sosialisasikan Pengisian SPT Tahunan E-filing

Foto: suarapedia/novan

PESISIR BARAT (suarapedia) - Bupati Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Lampung, Agus Istiqlal, melalui Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan, dan Kehumasan, Syamsu Hilal, membuka acara sosialisasi pengisian SPT tahunan e-filing di lingkungan Pemkab Pesibar, di OR. Cukuh Tangkil, Selasa (19/3/2019).

Hadir juga dalam acara tersebut Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Gunawan, seluruh pejabat tinggi pratama dan pejabat administrator dilingkungan Pemkab Pesibar, para narasumber, camat se-Pesibar dan para peserta sosialisasi.

Dalam sambutan Kepala Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Liwa, Petrus Suwardi menyampaikan bahwa bendahara mempunyai kewajiban untuk menyampaikan bukti foto e-filing SPT tahunan Aparatur Sipil Negara (ASN), karna bukti foto e-filing tersebut merupakan bahan laporan ASN dalam membuat laporan SPT tahunan.

"Sedangkan jangka waktu pelaksanaan laporan SPT tahunan seorang ASN paling lambat dilakukan per tanggal 31 Maret setiap tahunnya," jelasnya.

Sekedar diketahui, data jumlah ASN Pemkab Pesibar mencapai 1.983 orang, sebagian besar mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) kode Kotabumi. "Namum ada juga NPWP diluar kode Kotabumi, seperti kota Bandarlampung atau yang lainnya," tandasnya.

Sementara Bupati Pesibar yang disampaikan melalui Asisten II, Syamsu Hilal, bahwa atasnama Pemkab Pesibar mengucapkan terimakasih kepada KP2KP  atas informasi dan bimbingan terhadap e-filling.

"Hal ini bisa menjadi tambahan pengetahuan dalam melakukan penyampaian SPT tahun secara eletronik," terangnya.

Masih kata Syamsu, berdasarkan Surat Edaran (SE) terbaru dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men-PAN RB) Nomor 8 Tahun 2015 bahwa setiap wajib pajak, sebagaimana khususnya ASN, wajib menyampaikan SPT melalui media internet dengan system e-filing.

Syamsu menjelaskan bahwa salah satu pilar kehidupan bernegara adalah partisipasi warga negara dalam menunjang pembiayaan bernegara itu sendiri, dalam hal ini adalah perpajakan nasional. Serta pada perkembangannya pajak telah mengalami peningkatan yang signifikan, bahkan idealnya APBN atau APBD sepenuhnya dapat dibiayai dari penerimaan sektor perpajakan, dan sekarang peranan perpajakan nasional terhadap APBN kurang lebih 80 persen, peranan pajak yang semakin besar tersebut.

"Seperti dalam struktur APBD Pesibar, bantuan dana dari pemerintah pusat masih cukup besar dan sumber utama penerimaan negara tersebut adalah dari Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dibayarkan masyarakat selama ini," terus Syamsu.

Karenanya, Pemkab Pesibar partisipasi aktif kepada seluruh masyarakat, selaku warga negara yang baik untuk taat pada kewajibannya membayar pajak, baik secara pribadi, maupun pimpinan serta seluruh jajaran pemerintah di daerah. Diharapkan juga kepada seluruh ASN di Pesibar, untuk dapat menjadi motor penggerak didalam peningkatan kepatuhan pemegang wajib pajak dalam  menyampaikan dan mengisi SPT tersebut.

Syamsu juga berpesan kepada peserta sosialisasi pengisian SPT tahunan untuk bisa memanfaatkan kesempatan itu dengan baik. (NOVAN)


Tag : Pesisir Barat SPT Tahunan e-filing pajak Agus Istiqlal

Berita Lainnya

Loading...

©copyright 2018, All right reserved ®www.suarapedia.com