26 Juni 2019
Home Politik Berita
Bandar Lampung

Akademisi: Bawaslu Harus Tindak Tegas Imer Darius

Yusdianto | Foto: istimewa

BANDARLAMPUNG (suarapedia) – Dugaan politik uang yang dilakukan Imer Darius sebagai caleg DPR RI ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Lampung Selatan dan Pesisir Barat dinilai oleh akademisi hukum Unila Yusdianto agar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengambil tindakan tegas dengan memberhentikannya sebagai calon wakil rakyat di pileg 17 April 2019 mendatang.

“Disini ada dua peristiwa yang sudah terverifikasi. Jadi sudah semestinya Bawaslu mengambil tindakan terkait caleg bersangkutan dengan. Tindakannya adalah  merekomendasikan KPU untuk memberhentikan yang bersangkutan (Imer) sebagai caleg, ”kata Yusdianto, Kamis (10/1/2019).

Sudah semestinya Badan Penyelenggara Pemilu ini jangan hanya tajam di internal saja, tetapi ke eksternal (caleg) yang terbukti melakukan politik uang. Sebab, saat ini Bawaslu telah memiliki dasar untuk mencopot  yang bersangkutan atas dugaan gratifikasi caleg ke penyelenggara.

“Apapun yang dilakukan fungsionaris partai dalam hal ini caleg ke penyelenggara dalam bentuk pemberian hadiah atau gratifikasi itu juga masuk ke pidana,”ucapnya.

Meski pemberian dari caleg ke PPK untuk uang makan dan pengganti transport, menurut Yusdianto, apapun bentuknya, hal tersebut masuk kedalam gratifikasi.

“Penyebutan dari penyelenggara pemilu itu merupakan sebuah pengakuan bahwa benar sudah terjadi perbuatan pelanggaran hukum oleh caleg, berupa gratifikasi ke penyelenggara, ”ucapnya.(BOWO)


Tag : PPK Bawaslu Imer Darius Yusdianto

Berita Lainnya

Loading...

©copyright 2018, All right reserved ®www.suarapedia.com