15 Desember 2018
Bandar Lampung

Kadisdukcapil: Pelaku Penjual E-KTP Cuma Iseng

Kadisdukcapil Provinsi Lampung Achmad Syaefullah | Foto : istimewa

BANDARLAMPUNG (suarapedia)  – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Lampung Achmad Syaefullah menegaskan pelaku penjual KTP Elektornik (E-KTP) di situs jual beli online hanya iseng. Tidak ada kebocoran sistem dalam pendistribusian e-KTP di Lampung.

Achmad mengatakan pelaku penjual E-KTP di situs jual-beli online, merupakan anak dari mantan Kadisdukcapil Tulangbawang yang sudah pnesiun pada Oktober 2018, Pirhadi.

“Jadi begini,  Kadis waktu masih menjabat itu kan pendistribusiannya dari Jakarta dan Provinsi. Kemudian tidak langsung. Bisa jadi ada sebagian yang dicek dan ketinggalan. Kemudian diambil sang anak dan dijual online,” kata dia.

Dia menjelaskan, bedasarkan keterangan dari pelaku, hal tersebut dilakukan hanya karena iseng saja. “Karena dia juga Sarjana komputer, ya sering di depan komputer dan sang istri juga ada bisnis jualan online. Dan dimasukkan lah E-KTP itu di akun Tokopedia. Tapi, Dirjen Dukcapil sudah meminta iklan itu untuk di take down,” kata dia.

Saat ini, dia mengatakan menyerahkan semua kepada pihak kepolisian. “Selanjutanya ya bukan ranah dan kewenangan kami. Kita serahkan ke Polda Metro Jaya. Saya tidak ingin melebihi batas kewenangan,” jelasnya. (BOWO)

Berita Lainnya

©copyright 2018, All right reserved ®www.suarapedia.com